Budidaya Ikan Gurame  Itu Mudah !

Anda suka makan? Jangan bilang iya, dengan alasan jika tidak makan kita akan meninggal dunia. Itu jawaban klise ! Makanan apa yang menjadi favorit anda ? Daging , ikan, sayur, buah? Yang ideal adalah 4 sehat 5 sempurna. Namun pada praktiknya, ada saja yang kita lewatkan atau hilang. Seringkali kandungan gizi yang hilang adalah protein. Fakta ini tidak hanya menjadi perhatian ahli gizi atau dokter, tapi sudah menjadi perhatian menteri perikanan kita. Kita diwajibkan mengonsumsi ikan. Mengonsumsi ikan baik untuk kesehatan dan kecerdasan kita. Bagaimana jika susah mendapatkan ikan? Maka mulailah membudidayakan ikan dan menanam bibit durian. Nah, pilihan ikan yang cukup mudah dan umum dikonsumsi dengan protein tinggi sebagai manfaat ikan gurame. Ikan gurame merupakan ikan air tawar yang populer dan disukai sebagai ikan konsumsi di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Ikan gurame termasuk ikan yang favorit dikonsumsi dan banyak permintaan karena dagingnya yang enak dan tebal. Disamping itu, permintaan yang tinggi, produksi yang masih kurang, dan harga ikan gurame yang stabil, menjadikan budidaya ikan gurame layak untuk dicoba.Sehingga membudidayakan ikan ini merupakan sebuah peluang besar.Nah, artikel ini akan membahas bagaimana cara budidaya ikan gurame. Simak fakta berikut.

Cara Budidaya Ikan Gurame

Kolam yang digunakan untuk budidaya ikan gurame tidak harus sebesar yang anda pikirkan. Jika kolam yang dimiliki tidak besar, maka benih yang diberikan janganlah terlalu banyak sebab akan mengganggu pertumbuhan ikan. Benih yang digunakan adalah dianjurkan yang beratnya 100 gram atau berumur lebih dari setahun agar bisa dipanen saat mencapai 500 gram. Saat memasukkan benih yang sudah di adaptasikan ke dalam kolam, masukkan pelan – pelan.Pakan yang sebaiknya didgunakan adalah pakan yang mengandung banyak protein baik protein nabati maupun protein hewani. Pakan yang umum digunakan pada budidaya ikan gurame antara lain daun sente, daun singkong, daun kangkung, daun ubi jalar, daun papaya, kecambah, labu, dedak, jagung rebus, bungkil kacang, ampas tahu, dan pelet. Pemberian pakan yang teratur dan berkualiatas akan meningkatkan pertumbuhan ikan gurame lebih cepat. Air kolam juga perlu diperhatikan kebersihan, setidaknya 30% diganti secara periodik. Pemanenan gurami sebaiknya dilakukan di pagi hari pukul lima hingga delapansupaya ikan tetap segar dan tidak stress. Pemanenan dilakukan dengan cara membuang habis air kolam. Pintu pemasukan air ditutup dan pintu pengeluaran air dibuka. Cara Perawatan lahan ikan gurame adalah mengeringkan kolam sebelum kolam di isi air, kemudian taburkan garam grasak untuk membasmi jamur saat penjemuran kolam, lalu gemburkan tanah sebelum di isi air bila kolam tanah. Jika mengggunakan terpal, maka akan memudahkan anda dalam membersihkan kotoran ikan gurame. Kotoran ikan gurame akan mengganggu kualitas air kolam.

Penambahan Pupuk Khusus Pada Budidaya Ikan Gurame

Lantas, bagaimanakah mendapatkan hasil panen ikan gurameyang menguntungkan ? Selain hal tersebut di atas, kita perlu menambahkan pupuk khusus tambak perikanan. Salah satu cara untuk mendapatkan pupuk tersebut bisa didapatkan pada agen Nasa dengan order dan langsung dikirim sesuai pesanan. Lalu, apa manfaatnya menggunakan pupuk khusus tambak perikanan untuk budidaya ikan gurame? Banyak sekali manfaatnya. Diantaranya seperti : mengikat logam-logam berat yang berbahaya bagi ikan, menguraikan senyawa kekal komplek berbahaya dan beracun, seperti : H2S, amoniak, asam laktat serta membantu menciptakan dan mempertahankan ekosistem tambak yang seimbang. Jadi tunggu apa lagi, ayo segera mulai budidaya ikan gurame !

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *