Cara Pemulihan Pasca Operasi Caesar dengan Cepat

Operasi caesar merupakan sebuah cara bedah yang dilakukan untuk mengeluarkan janin dengan menyayat bagian perut. Hal ini sangat diperlukan terutama bagi wanita atau calon ibu yang mengalami masalah dalam persalinannya. Anda pasti sudah mengetahui dan membaca pembahasan mengenai alasan kenapa dilakukan operasi caesar. Nah, kali ini pembahasan kita akan lebih focus pada pemulihan pasca operasi caesar. Apa yang dirasakan setelah melakukan persalinan caesar? Lega dan bahagia, jelas hal itu sangat anda rasakan. Akan tetapi, beberapa dampak seperti  vagina keluar cairan atau payudara mengalami perubahan sering  terjadi. Berbagai masalah itu pasti hadir, berbeda kalau anda melakukan persalinan secara normal. Makanya, kalau  anda melakukan operasi biasanya anda harus mengindap selama minimal 4 hari baru dipersilahkan untuk pulang. Setelah berada di rumah anda bukan berarti sembuh dan siap beraktivitas. Anda masih harus melakukan proses pemulihan dalam waktu yang lama. Bahkan dokter pasti memberikan obat operasi caesar yang harus anda konsumsi. Obat itu hanyalah berfungsi sebagai penghilang rasa nyeri yang terkadang timbul. Belum lagi ditambah harus merawat buah hati yang itu biasanya bisa menggangu proses pemulihan operasi caesar.

Langkah-langkah Pemulihan Pasca Operasi Caesar

Usai melakukan operasi caesar, rasa sakit pasti akan ditinggalkan. Anda bisa merasakan nyeri yang dahsyat padahal hanya bergeser atau melakukan gerakan sederhana dan sepele saja. Hal tesebut bisa berlangsung dalam jangka waktu yang lama, bahkan sampai dengan 6 bulan lamanya. Anda harus tetap bersabar untuk pulih total. Jangka waktu penyembuhan bisa lebih cepat asalkan anda tahu langkah yang harus dilakukan. Beberapa langkah pemulihan pasca operasi caesar harus diketahui dan anda lakukan. Pertama anda harus mencoba untuk bergerak, meskipun rasa sakit atau nyeri bisa saja datang. Langkah yang bisa dilakukan hanya dengan gerakan ringan di bagian kaki terlebih dahulu. Kalau sudah lumayan baik anda bisa melakukan jalan-jalan ringan. Hal ini akan sangat penting dalam memperlancar aliran sirkulasi darah anda. Kedua, anda harus bisa mengelola emosi dengan baik.Wanita pasca melahirkan cenderung mempunyai emosi yang tidak stabil. Ini bisa menjadi dampak stress dan pemulihan berlangsung lama. Ketiga, ada bekas luka bedah di bagian perut anda. Itu harus dirawat dengan baik. Lakukan apa yang sudah disarankan oleh dokter. Jangan mencoba merawat sendiri karena anda belum tentu memahaminya. Terakhir maksimalkan waktu istirahat anda. Jangan terlalu menforsir diri karena itu tidak baik bagi kesehatan anda.Tidur cukup dan merawat buah hati mintalah bantuan suami atau mertua. Sehingga pemulihan bisa berlangsung dengan cepat dan baik.

Bahaya yang Bisa Timbul dalam Masa Pemulihan Pasca Operasi Caesar

Pada masa pemulihan pasca operasi caesar, ternyata juga ada bahaya yang bisa saja hadir. Salah satu yang paling sering terjadi dan sangat rawan ialah infeksi luka. Ini akan sangat berbahaya bisa anda alami. Jadi anda paling tidak harus mengenal tersebut dahulu beberapa gejala yang mengarah pada infeksi. Tandanya diantaranya : demam, bengkak pada luka, nyeri berlebihan, bernanah, buang air rasanya nyeri, pendarahan dan lainnya. Intinya kalau pada pasa pemulihan tadi anda mengalami masalah dengan kesehatan tubuh anda. Maka segeralah untuk konsultasi dokter yang lebih memahami. Anda tidak usah panic dan khawatir. Tetaplah tenang dan suami usahakan selalu mendampingi. Semuanya itu untuk mencapai kondisi semula. Jangka waktunya untuk luka hampir satu bulan. Akan tetapi untuk sembuh dan pulih total paling tidak membutuhkan waktu 6 bulan. Semoga bermanfaat!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *